Teknologi cloud computing merupakan salah satu teknologi yang terus berkembang di setiap waktu. Cloud digunakan untuk solusi penyimpanan, backup, hingga kebutuhan pengolahan data. Hal ini membuat teknologi cloud menjadi kebutuhan yang esensial untuk perusahaan berskala menengah hingga multinasional. Berbicara tentang multinasional, teknologi cloud computing juga memiliki teknologi serupa: Multi-Cloud. Teknologi multi-cloud merupakan hasil dari perkembangan teknologi cloud yang memberikan efisiensi dan fleksibilitas yang tinggi bagi sebuah bisnis. Lalu, apa sebenarnya multi-cloud itu? Mengapa bisnis perlu mempertimbangkan penggunaan solusi ini? Apa saja multi-cloud provider yang ada di Indonesia? Simak penjelasan selengkapnya di sini.

Pengertian Multi-Cloud

Dilansir dari halaman Microsoft Azure, multi-cloud adalah solusi pengelolaan dan penerapan cloud computing yang melibatkan lebih dari satu layanan dan provider cloud, baik itu sebagai solusi Infrastructure as a Service (IaaS), Backup as a Service (BaaS), atau pun solusi spesifik lainnya dari penyedia layanan cloud. Sehingga memungkinkan sebuah bisnis untuk memanfaatkan keunggulan dari berbagai provider cloud untuk memenuhi berbagai kebutuhan teknis dan bisnis mereka dengan lebih efisien.

Menempatkan sistem di beberapa provider cloud juga dapat meningkatkan fleksibilitas operasional mereka dengan mendistribusikan workload hingga storage di berbagai platform cloud yang dipilih. Namun, solusi ini tidak hanya perihal menghindari ketergantungan pada satu cloud provider, tetapi juga tentang mengoptimalkan kinerja, dan memanfaatkan teknologi terbaik dari masing-masing provider. Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk memilih layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka, baik itu untuk meningkatkan keamanan data, availability, atau pun kemampuan computing.

Mengadopsi solusi ini pada infrastruktur cloud Anda juga bisa menjadi langkah strategis untuk memitigasi risiko downtime. Selain itu, menyebarkan aset dan infrastruktur digital di lebih dari satu cloud dapat mengurangi risiko downtime dan kehilangan data karena serangan cyber, bencana alam, atau kegagalan sistem akibat ketergantungan pada satu provider cloud. Sehingga bisnis dapat menciptakan environment IT yang lebih tangguh dan membuat operasional tetap lancar di berbagai skenario yang tidak terduga.

Apa Manfaat Menggunakan Multicloud?

Terdapat berbagai faktor utama yang menjadikan multi-cloud sebagai salah satu solusi yang menarik, di antara lain:

  1. Fleksibilitas dan Pilihan Lebih Luas
    Multi-cloud mendorong perusahaan untuk memilih layanan terbaik dari masing-masing provider sesuai dengan kebutuhan spesifik mereka tanpa harus mengalami vendor lock-in

  2. Mitigasi Risiko
    Dengan mendistribusikan resource di berbagai cloud, perusahaan dapat mengurangi risiko downtime dan kehilangan data serta memastikan resource dapat diakses kapan saja

  3. Optimalisasi Biaya
    Menggunakan layanan dari beberapa provider memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan penawaran harga terbaik dan menghindari ketergantungan pada satu provider yang mungkin memiliki kebijakan harga yang kurang menguntungkan

Contoh Provider Multi-Cloud

Terdapat beberapa provider multi-cloud terkenal yang sering menjadi pilihan bagi banyak organisasi. Berikut beberapa contoh dari multi-cloud provider:

  1. Microsoft Azure
  2. Google Cloud Platform
  3. Amazon Web Services (AWS) Cloud
  4. Huawei Cloud
  5. Alibaba Cloud

Multi-Cloud vs Hybrid Cloud, Apa Bedanya?

Sering terjadi kebingungan antara konsep multi-cloud dan hybrid cloud, tetapi kedua istilah ini mengacu pada model penggunaan cloud yang berbeda. Multi-cloud, seperti yang telah dijelaskan, merujuk pada penggunaan berbagai layanan cloud dari beberapa penyedia layanan cloud untuk memanfaatkan keunggulan dari masing-masing provider. Pendekatan ini cenderung difokuskan pada fleksibilitas dan optimasi sumber daya tanpa harus terikat pada infrastruktur tertentu.

Sebaliknya, hybrid cloud adalah model yang menggabungkan penggunaan public cloud dan private cloud. Integrasi antara dua environment cloud ini memungkinkan data dan aplikasi berpindah dengan lancar dari kedua infrastrukur cloud. Hybrid cloud juga sering dijadikan opsi lain oleh bisnis yang memerlukan keseimbangan antara keamanan dan level kontrol yang ditawarkan oleh private cloud dengan skalabilitas dan resource yang tersedia di public cloud.

Perbedaan utama antara kedua model ini terletak pada integrasi dan interoperabilitas. Dalam hybrid cloud, integrasi yang erat antara public cloud dengan private cloud sangat penting untuk mendukung operasi bisnis yang lancar. Sedangkan dalam solusi multicloud, integrasi mungkin tidak selalu diperlukan atau diinginkan. Suatu bisnis mungkin menggunakan layanan dari penyedia cloud yang berbeda untuk kebutuhan yang berbeda tanpa perlu mengintegrasikannya secara langsung.

Memilih solusi yang tepat sering kali bergantung pada kebutuhan spesifik bisnis, persyaratan regulasi, dan strategi sistem IT yang tepat bagi sebuah bisnis. Multicloud menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi, sehingga Anda bisa memilih provider dan layanan sesuai kebutuhan bisnis. Sedangkan hybrid cloud menawarkan fungsi keamanan, kontrol, dan fleksibilitas dengan memanfaatkan kelebihan dari public cloud dan private cloud. Setelah memahami perbedaan ini, Anda dapat membuat strategi cloud yang tepat untuk mendukung tujuan bisnis dan infrastruktur IT Anda.

Dapatkan Solusi Multi Cloud Anda di MyBATICloud!

Mengimplementasikan teknologi multi-cloud membutuhkan keputusan yang besar. Maka dari itu sangatlah penting untuk memilih provider multi-cloud yang tepat sesuai dengan kebutuhan spesifik bisnis Anda. MyBATICloud memberikan Anda berbagai provider multi-cloud, seperti Azure, AWS, Huawei, hingga Alibaba Cloud. Kami juga memberikan layanan konsultasi dan Managed Service untuk produk multi-cloud mau pun hybrid cloud Anda. Solusi managed service kami akan mengelola infrastruktur cloud Anda dengan profesional, sehingga Anda bisa lebih berfokus dalam mengembangkan bisnis tanpa harus terbelit dengan masalah implementasi IT. Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Kunjungi halaman solusi IT Infrastructure atau hubungi kami melalui nomor bebas pulsa 0800-150-3471.